Dari 22 Siswa, Lima Calon Paskibraka Bengkalis Akan Ikut Seleksi Lanjutan di Provinsi Riau

Dari 22 Siswa, Lima Calon Paskibraka Bengkalis Akan Ikut Seleksi Lanjutan di Provinsi Riau
Seleksi paskibraka wakil kab bengkalis 2021

BENGKALIS - Di tahun 2020 lalu tidak terlaksana karena negara kita ada pandemi Covid-19, Dan tahun 2021 ini pelaksanaan seleksi pemilihan anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Sebanyak 22 pelajar dari SMA/SMK/MA mengikuti seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk tingkat Provinsi Riau dan Nasional yang diselenggarakan oleh Dinas Parawisata Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis (Disparbudpora)  Seleksi paskibraka salah satunya meliputi tes fisik, tes kesehatan serta kesamaptaan (PBB) yang diselenggarakan di GOR Perkasa Alam Bengkalis.

Kepala Disparbudpora H Anharizal diwakili Bidang Kepemudaan Seksi Standarisasi dan Infrastruktur Kepemudaan Salahuddin, SH, menuturkan para pelajar yang mengikuti seleksi tes fisik dan kesehatan merupakan para pelajar yang lolos  sebanyak 22 orang ”Kegiatan seleksi calon anggota paskibraka untuk mewakili Kabupaten Bengkalis tahun 2021yang diikuti oleh siswa/siswi dari 21 SMA/MA/SMK se-kabupaten Bengkalis dan yang lolos seleksi administrasi dan mengikuti tes administrasi, tes fisik dan kesehatan dari tanggal 01 sampai 04  Mei” tutur Salahuddin dihubungi Journalist.id. Selasa. (04/05).

Disampaikannya, Disparbudpora mensyaratkan setiap sekolah dapat mengirimkan dua wakil siswa terbaiknya untuk mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka tingkat Kabupaten Bengkalis yang nantinya akan diikutsertakan ke tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional.

Lebih lanjut, Ia menambahkan peserta akan diseleksi postur fisik dan kesehatannya yang meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, kesehatan gigi, mulut, mata, kulit, bahu, dan riwayat penyakit. Kemudian, peserta juga akan dinilai tes kesamaptaan berupa lari dan PBB (Peraturan Baris Berbaris) bekerja sama dengan Kodim 0303 Bengkalis.
”Dari 22 yang mengikuti tes hari ini akan diambil 5 siswa yakni putra sebanyak 2 orang dan putri 3 orang. Yang lolos selanjutnya akan mengikuti  seleksi tingkat Nasional dan Provinsi Riau, " ungkap Salahuddin

Syarat menjadi paskibraka disamping memiliki postur fisik dan kesehatan yang bagus, ia juga harus memiliki pengetahuan, kemampuan diri, serta sikap yang sangat baik terutama dalam hal kedisiplinan sebagai contoh bagi teman-temannya.”Yang diharapkan seorang paskibraka, yang pertama fisik memiliki tinggi badan untuk putra maksimal 180 cm, minimal 170 cm, sedangkan putri minimal 165 cm, dan maksimal 175 cm dengan berat badan yang proporsional atau ideal. Selain itu, ia juga dituntut memiliki pengetahuan yang baik tentang wawasan kebangsaan, pengetahuan umum itu juga penting karena di penilaian tingkat Provinsi juga ada tes pengetahuan dan kemampuan bahasa Inggris, kemampuan bakat. Paskibraka harus menjadi contoh bagi teman-temannya, sikapnya, pengetahuan, postur tubuh, seorang paskibraka juga harus memiliki sikap kedisiplinan yang tinggi, ” harap Salahuddin.

Untuk pengumuman hasil seleksi administrasi, fisik dan PBB akan diumumkan Senin Malam ini (04/05) dan Peserta diinapkan di Hotel Panorama Bengkalis kegiatan seleksi ini berakhir Rabu.(05/05).(yulistar)

Bengkalis
Yulistar

Yulistar

Previous Article

Lonjakan Angka Kematian Harian Covid-19...

Next Article

Jelang Lebaran, Digelar Apel Operasi Ketupat...

Related Posts

Peringkat

Profle

Pardal Riyanto

siswandi

siswandi

Postingan Bulan ini: 32

Postingan Tahun ini: 431

Registered: Apr 13, 2021

Yulistar

Yulistar

Postingan Bulan ini: 25

Postingan Tahun ini: 357

Registered: Apr 15, 2021

Nursalim

Nursalim

Postingan Bulan ini: 17

Postingan Tahun ini: 175

Registered: Apr 19, 2021

Aan Setyawan

Aan Setyawan

Postingan Bulan ini: 16

Postingan Tahun ini: 182

Registered: Apr 19, 2021

Profle

Ryawan Saiyed

Sidang Lanjutan NA, Saksi: Tidak Pernah Nurdin Abdullah Intervensi Dana Pembangunan Masjid 
Suhardi, Sosok Pembimbing Jurnalis Indonesiasatu Biro Lutim Meninggal Dunia
Tim Gabungan Polsek Pengadegan Temukan Orang Hilang Warga Jetis di Gubug Kawasan Hutan Rembang
Polres Bengkalis Ciduk 5 Warga Lagi Asik Main Judi Dadu Goncang Dibawah Pohon Kelapa

Follow Us

Recommended Posts

Sah, Atah Pi'i Resmi Pimpin DPC Gerindra Kabupaten Bengkalis
Kejar Target Herd Immunity, PKB Bengkalis Gelar Vaksin Indonesia Bangkit Pekan Depan
Komplotan Rudi Hartono Meresahkan Warga Desa Bukit Kerikil Akhirnya Digulung Polisi
Perjuangan Ibu Rumah Tangga Asal Rupat Gagal Tes CPNS, Zurina: Saya Ikut Lagi Tahun Depan
Tinjau Pelaksanaan Tes CASN, Pesan Bupati Kasmarni: Kalau Rejeki Pasti Lulus Imbangi Usaha dan Doa