Gubri Tinjau Lahan Kampung Tangguh , Syamsuar: Warga Bengkalis Bisa Mencontoh Dilaksanakan Kapolres

Gubri Tinjau Lahan Kampung Tangguh , Syamsuar: Warga Bengkalis Bisa Mencontoh Dilaksanakan Kapolres
Gubri Tinjau Lahan Kampung Tangguh bersama Kapolres Bengkalis dan Dandim 0303 Bengkalis

BENGKALIS - Program Kampung Tangguh Polres Bengkalis di lahan tidur milik pemerintah Bengkalis yang berada di Desa Sungai Alam Kecamatan Bengkalis mendapat apresiasi Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar. Bahkan Gubri secara khusus menyempatkan waktu berkunjung dan meninjau lahan kampung tangguh, Sabtu (25/9) pagi.

Syamsuar datang bersama rombongan melihat langsung kebun kampung tangguh Polres Bengkalis ini di dampingi Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan dan Dadim 0303 Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Hermanto. Kesempatan tersebut Gubri melihat langsung kebun cabai, jeruk dan budidaya porang serta lebah madu yang dikelola Polres Bengkalis.

Syamsuar mengatakan apa yang dilakukan Kapolres dan jajarannya ini bisa dicontoh oleh masyarakat, karena saat ini masih banyak lahan di Riau ini yang kondisinya masih lahan tidur."Sebenarnya tanah kita di Riau masih banyak yang kurang produktif apa yang dilakukan Kapolres Bengkalis bisa di contoh masyarakat, " ungkap Syamsuar.

Gubri mengatakan, tanaman yang sedang di kembangkan di kampung tangguh sangat memiliki nilai ekonomi. Diantaranya budidaya tanaman porang, budidaya gerongang, jeruk dan tanaman lainnya."Seperti jeruk yang saat ini cukup banyak pembelinya untuk kebutuhan meningkatkan imun. Penjualannya lagi naik naiknya sangat bagus di kembangkan saat ini, " tambahnya.

Untuk itu Syamsuar berharap masyarakat Bengkalis khususnya bisa mencontoh apa yang dilakukan Kapolres Bengkalis ini. Manfaat lahan perkarangan atau lahan yang ada namun tidak produktif menjadi lahan produktif."Saat ini di Riau ekspor dari hasil pertanian mulai tinggi permintaannya. Untuk itu masyarakat manfaat tren ekspor non Migas yang lagi tinggi ini, manfaatkan tanah dan lahan yang ada, " terang Syamsuar.

Menciptakan ini memang butuh kemauan, kesungguhan dan Inovasi. Perlu membaca pasar apa yang lagi tren dan dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan."Kita berterima kasih kepada Kapolres, keberadaan kampung tangguh yang dikelola ini tentu menjadi contoh dan semangat bagi masyarakat kita. Semoga bisa mendorong pemulihan ekonomi khususnya di kabupaten Bengkalis, " tandasnya.

Sementara itu Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan berterima kasih kepada Gubernur Riau yang menyempatkan diri berkunjung ke Kampung Tangguh Polres Bengkalis. Bahkan Gubernur juga sempat memetik jeruk hasil kebun kampung tangguh.Hendra Gunawan mengatakan, keberadaan kampung tangguh ini memang bertujuan upaya bersama Polri dan TNI serta pemerintah daerah untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat Bengkalis. Bahkan Kapolres terbuka di kampung tangguh ini sebagai tempat pembelajaran masyarakat terutama dalam penanaman porang."Kunjungan Gubri suatu kehormatan bagi kami. Karena dengan datang Gubri berarti pemerintah provinsi melihat apa yang sudah kita lakukan, " terang Hendra Gunawan.

Untuk kampung tangguh Polres Bengkalis ini sudah berjalan hampir dua tahun. Serta sudah berhasil memanen dua kali tiga ton cabai merah dari hasil kebun yang ada."Sekitar enam ton sudah cabai kita panen, dengan adanya panen lokal ini harga cabai di pasaran Bengkalis bisa terkoreksi, " kata Kapolres.

Saat ini target kampung tangguh ke depan fokus pada pengembangan porang. Karena porang saat ini sangat diharapkan presiden Indonesia sebagai ekspor terbesar nomor dua di Indonesia."Kita akan bantu sukseskan ini, perkembangan penanaman porang kita sudah beberapa bulan, ada dua metode penanaman yang dilakukan yakni ditumpang sarikan dan menggunakan paranet, " tambahnya.

Menurut Kapolres perkembangan porang dengan menggunakan paranet hasilnya lebih bagus. Karena porang memang jenis tanaman yang harus terkena sinar matahari tiga puluh persen."Ini yang tengah kita kembangkan, selain menggunakan paranet kita juga selihkan tanaman porang ini dengan jagung dan cabai, " tambahnya.Saat ini penanaman porang di kampung tangguh Polres Bengkalis sudah seluas tiga hektare yang di tanami. Dengan jumlah bibit yang digunakan sudah mencapai 200 Kilogram. (yulistar)

Bengkalis
Yulistar

Yulistar

Previous Article

Diskes Bengkalis Sudah Terima 147 Ribu Dosis...

Next Article

Vaksinasi Kompak, Kolaborasi TNI, Polri,...

Related Posts

Peringkat

Profle

Pardal Riyanto

siswandi

siswandi

Postingan Bulan ini: 32

Postingan Tahun ini: 431

Registered: Apr 13, 2021

Yulistar

Yulistar

Postingan Bulan ini: 25

Postingan Tahun ini: 357

Registered: Apr 15, 2021

Nursalim

Nursalim

Postingan Bulan ini: 17

Postingan Tahun ini: 175

Registered: Apr 19, 2021

Aan Setyawan

Aan Setyawan

Postingan Bulan ini: 16

Postingan Tahun ini: 182

Registered: Apr 19, 2021

Profle

Ryawan Saiyed

Sidang Lanjutan NA, Saksi: Tidak Pernah Nurdin Abdullah Intervensi Dana Pembangunan Masjid 
Suhardi, Sosok Pembimbing Jurnalis Indonesiasatu Biro Lutim Meninggal Dunia
Tim Gabungan Polsek Pengadegan Temukan Orang Hilang Warga Jetis di Gubug Kawasan Hutan Rembang
Polres Bengkalis Ciduk 5 Warga Lagi Asik Main Judi Dadu Goncang Dibawah Pohon Kelapa

Follow Us

Recommended Posts

Sah, Atah Pi'i Resmi Pimpin DPC Gerindra Kabupaten Bengkalis
Kejar Target Herd Immunity, PKB Bengkalis Gelar Vaksin Indonesia Bangkit Pekan Depan
Komplotan Rudi Hartono Meresahkan Warga Desa Bukit Kerikil Akhirnya Digulung Polisi
Perjuangan Ibu Rumah Tangga Asal Rupat Gagal Tes CPNS, Zurina: Saya Ikut Lagi Tahun Depan
Tinjau Pelaksanaan Tes CASN, Pesan Bupati Kasmarni: Kalau Rejeki Pasti Lulus Imbangi Usaha dan Doa