KADIN Bengkalis Taja Pelatihan UMKM Melek Hukum Bisnis Gandeng Sinergi Legal Network

KADIN Bengkalis Taja Pelatihan UMKM Melek Hukum Bisnis Gandeng Sinergi Legal Network
KADIN Bengkalis Taja UMKM Melek Hukum Bisnis

BENGKALIS - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis sebahagian besar belum mendirikan badan hukum atau mengurus perizinan serta mencatatkan merek usahanya. Sebagian besar karena ketidaktauan dan sebagian lainnya karena belum pernah mendapatkan masalah dalam menjalankan usahanya.

Menurut salah seorang pelaku UMKM di Kecamatan Bengkalis Fikartiana, selama ini dirinya hanya menitipkan hasil usaha kepada pedagang tanpa ada ikatan atau perjanjian apapun.

“Usaha saya keripik pisang nangka sama keripik tempe Aila. Usaha ini dibuka 3 atau 4 tahun lah, dengan mengikuti pelatihan ini kita bisa tahu hukum. Jadi tahu bagaimana biar aman dalam berdagang. Karena selama ini kita cuma nitip sesuai dengan kepercayaan kita dengan pedagang gitu aja, ” ungkap Fikartiana.

Perlunya perjanjian dagang dan mendirikan badan hukum untuk memproteksi usahanya, baru diketahui Fikartiana setelah mengikuti Pelatihan UMKM Melek Hukum Bisnis, yang diselenggarakan KADIN Bengkalis, Selasa (15/6) di aula kantor Kadin.

Hal serupa juga disampaikan pelaku UMKM lainnya, Maisraha yang bergerak dibidang usaha kerupuk udang. Maisarah berkeinginan untuk mendirikan badan hukum guna memproteksi dan memajukan usahanya yang dimulai sejak tahun 2012 silam.

“Kerupuk ikan Yakin Bersama, udang pepay, sagu, tiga produk. PRT sudah ada, cuma insha Allah kedepnnya akan mengurus badan usaha, ya bagus sekali pelatihan ini memanbah pengetahuan bagi kita untuk memajukan usaha kita, ” akuinya.

Menurut Ketua KADIN Bengkalis, Masuri SH kegiatan Pelatihan UMKM Melek Hukum Bisnis yang dilaksanakan pihaknya bekerja sama dengan Founder Sinergi Legal Network, bertujuan untuk pemberdayaan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di daerah ini. Dari hasil evaluasi yang dilakukan terhadap kegiatan UMKM, diketahui mayoritas pelaku usahanya tidak mengetahui sama sekali tentang hukum bisnis. 

“Dalam rangka meningkatkan pengetahuan teman-teman UMKM kita khususnya yang belum memahami bagaimana prosedur perizinan, bagaimana mereka harus berkomitmen dengan kemitraan dan lain sebagainya. Nah kebetulan ada teman-teman dari lembaga hukum yang juga siap untuk bermitra dengan Kadin maka kita berikan semacam agenda atau semacam program bagaimana memberikan sosialisasi atau penyuluhan dengan judul UMKM melek hukum bisnis, ” jelas Ketua Mashuri SH.

Sementara itu, dikesempatan yang sama, narasumber dari Founder Sinergi Legal Network, Penti, menyebutkan, Badan Hukum menjadi faktor penting dalam menjalankan usaha, terutama untuk memproteksi roda bisnis yang jalankannya. 

“Dalam kontrak itu pasti ditanya, ibu ini payung hukumnya apa, jadi ntar untuk transfer atas nama apa, badan usahanya apa, pokoknya untuk kepastian hukumlah. Kalau kita pingin badan usaha pihak ketiga lebih beranilah, jadi memang ada juga yang bertanya wajib atau tidak, memang tidak wajib mengurus badan usaha. Namun ini sangat penting apalagi yang punya cita-cita untuk memajukan dan mngembangkan usahanya, itu memang sangat perlu yang namanya bandan usaha, ” terangnya.

Hal senada juga disampaikan pemateri lainnya dari Founder Sinergi Legal Network, Sopian Elharfani, kontrak yang dilakukan oleh usaha yang berbadan hukum memiliki kepastian dan membangun kepercayaan antara para pihak, yang bermuara pada kelancaran bisnis atau usaha.

“Yang kedua menjadi catatan sendiri bagi bisnis itu sendiri, kedepan saya bisnis dengan ini, kontrak dengan anu, kewajiban saya ini, prestasi saya ini itu dituangkan dalam kontrak.  Ketiga adalah mengurangi resiko hukum, penipuan, alih-alih rugi gitukan, tapi kalau dituangkan diatur kalau rugi ini tanggung jawab siapa, jadi pentingnya kontrak bisnis bagi UMKM adalah mengurangi mitigasi resiko, ” jelas Sopian.

Pelatihan UMKM Melek Hukum Bisnis yang berlangsung sehari tersebut, diikuti 30 pelaku UMKM di Kecamatan Bengkalis, menghadirkan narasumber dari Founder Sinergi Legal Network, Penti, Sopian Elharfani, Helmi Syafrizal dan Gunawan.(yulistar)

Bengkalis
Yulistar

Yulistar

Previous Article

Antisipasi Overload Akan Dibangun Blok Hunian...

Next Article

Tuntut Pidana Mati 3 Kurir 42 Kg Sabu ,Nanik:...

Related Posts

Peringkat

Profle

Suhardi

Yulistar

Yulistar

Postingan Bulan ini: 78

Postingan Tahun ini: 214

Registered: Apr 15, 2021

Eka Putra

Eka Putra

Postingan Bulan ini: 71

Postingan Tahun ini: 225

Registered: Apr 16, 2021

siswandi

siswandi

Postingan Bulan ini: 65

Postingan Tahun ini: 286

Registered: Apr 13, 2021

Zul chilalek

Zul chilalek

Postingan Bulan ini: 61

Postingan Tahun ini: 147

Registered: Apr 15, 2021

Profle

Rikky Fermana

Warga Glempang di Gegerkan Dengan Penemuan Mayat Yang Membusuk di Tengah Sawah
Heboh! Ada Spanduk Menolak Dedi Chandra Sebagai Ketua Golkar Bukittinggi
Miris, Indikasi Tutupi Kesalahan, Kades Pattallassang Bantaeng Niat Sogok LSM
Kasus Tewasnya Sugianto, Penyidik Polda Sulsel: Ada Perdamaian, GAM: Bukan Utang Piutang

Follow Us

Recommended Posts

Pria Di Bengkalis Nekat Curi Uang Kotak Amal Mesjid di Dua TKP Berbeda
Bakti Kemenkumham, Lapas Kelas IIA Bengkalis Saluran 144 Paket Sembako   ke Warga Terdampak Covid-19
Mengkuatirkan, Dua Kasus Asusila Terhadap Anak Di Bengkalis dan Pelaku Orang Terdekat
Event Pertama, Lomba Video Creator Compotition HMM Politeknik Negeri Bengkalis
Kajari Bengkalis Tetapkan DY Ketua Cabor PABBSI Tersangka Kasus Dana Hibah KONI